News Update :

2012, Sumut Tetap Ingin Rekrut CPNS

Selasa, 22 Mei 2012


Adanya moratorium (penghentian sementara) penerimaan calon pegawai negeri sipil di seluruh wilayah Indonesia sampai September 2013, tidak menyurutkan rencana Pemprovsu dan sebagian besar pemkab/pemko di Sumut merekrut CPNS pada tahun 2012 ini. Namun realisasinya akan tergantung dari keputusan Menpan RI yang menyetujui atau tidak perekrutan CPNS tersebut.

Hal itu didasarkan pada keterangan pejabat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut yang menyebutkan bahwa BKD Sumut sedang menyusun formasi CPNS 2012 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, termasuk tenaga hononer untuk diusulkan pengangkatannya menjadi PNS ke Menpan RI.

"Ya, kita (pihak BKD Sumut-red) sedang menyusunnya. Namun khusus untuk penerimaan honorer, saat ini Menpan masih mengevaluasinya," kata Kasi Bidang Pengadaan dan Pembinaan BKD Sumut H Rizal Nasution, Jumat (9/3) saat dimintai tanggapannya di Kantor Gubsu.

Dijelaskannya, untuk penerimaan honorer tersebut sedang dievaluasi di Menpan, Menkeu, dan BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan). Demikian juga soal kuota penerimaan jumlah CPNS di Sumut masih menunggu petunjuk Menpan.

"Namun begitupun sejumlah kabupaten/kota di Sumut sudah mengajukan berkas untuk penerimaan CPNS yang dibutuhkan tahun 2012. Tapi saat ini kami sedang menyusun berkasnya untuk sampai ke Menpan pada Juni 2012," ujarnya.


Jadi saat ini, sambungnya, pihaknya belum ada menerima pentunjuk resmi dari Menpan mengenai penerimaan CPNS tahun 2012. "Kalaupun disetujui, mungkin penerimaan CPNS pada akhir tahun 2012," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Mutasi BKD Provsu Khoir Harahap yang mengatakan sebahagian besar dari 33 kabupaten/kota sudah mengusulkan formasi pengangkatan CPNS ke BKD Provsu.
"Tapi jumlahnya belum tahu, demikian juga informasi tentang penerimaan CPNS 2012 untuk Sumut berapa dibutuhkan kita juga belum tahu karena suratnya sampai saat ini belum kami terima," terangnya.

Moratorium Diperpanjang
Sementara itu Asisten Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN&RB, Nurhayati mengatakan pemerintah berupaya memperpanjang moratorium CPNS. Karena itu, seluruh instansi pusat dan daerah diwajibkan membuat data kepegawaian serta estimasi kebutuhan aparatur untuk lima tahun ke depan.
"Di dalam ketentuan moratorium, setiap instansi wajib memberikan rincian penyebaran pegawainya saat ini dan gambaran posisi pegawainya selama lima tahun ke depan," kata Nur, sapaan akrabnya, saat dihubungi, Jumat (9/3).

Dengan data tersebut, pemerintah pusat akan menentukan apakah akan ada penerimaan CPNS atau tidak. Namun, dia memprediksi moratorium akan diperpanjang. Mengingat dengan akan diangkatnya 67 ribu honorer kategori I dan 30 persen kategori II, akan menambah gemuk jumlah PNS.

"Moratorium CPNS kemungkinan besar akan diperpanjang lagi. Dengan melihat jumlah PNS sekarang, bukan tidak mungkin perpanjangannya sampai lima tahun terhitung dari September 2011," ujarnya.

Source: http://harianandalas.com/index.php?/Berita-Utama/2012-sumut-tetap-ingin-rekrut-cpns.html
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Blognya Pratama 2010 -2011 | Design by Mawar Pratama | Published by Mawar | Powered by Blogger.com.